KURIKULUM

Program studi biologi menetapkan kurikulum berbasis KKNI sebagaimana Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum ini disusun dengan memperhatikan Pedoman Naskah Akademik untuk Program Sarjana dari asosiasi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia) tahun 2016 serta dengan mempertimbangan integrasi keilmuan yang menjadi penciri UIN Sunan Ampel Surabaya.

Perancangan Kurikulum KKNI dilakukan secara bertahap melalui review kurikulum dan redesign kurikulum sejak tahun 2015, dan ditetapkan pada 25 Mei 2016 melalui SK dekan. Pada kurikulum ini ditetapkan profil lulusan sarjana sains bidang biologi sebagai berikut:

  1. Peneliti : mampu mengaplikasikan ilmunya di bidang biologi dalam pengembangan IPTEKS, serta mampu merumuskan pemecahan terhadap permasalahan dibidang konservasi sumberdaya alam hayati.
  2. Analisis Laboratorium : Mampu melakukan sintesis data dan informasi terhadap pengujian yang dilakukan melalui aplikasi perangkat lunak, instrumen dasar, ataupun metode standar
  3. Bioteknoprenuer : Mampu mengembangan produk – produk berbasis sumber daya alam.

Lulusan sarjana biologi dapat berkiprah pada jenis pekerjaan sebagai berikut:

  1. Bidang professional : konsultan, quality control, manajer/asisten penelitia
  2. Bidang pendidikan : guru,
  3. Wiraswasta

Sebaran Mata Kuliah

Mata kuliah (MK) pada program studi biologi terdiri atas 145 SKS dengan 22 SKS diantaranya adalah MK wajib universitas dan 23 MK wajib program studi yang dilengkapi dengan kegiatan praktikum berbasis laboratorium maupun berbasis lapangan. Berikut adalah sebaran Mata kuliah di program studi Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

mk-jpg