LABORATORIUM

Fasilitas Laboratorium

FASILITAS LABORATORIUM

UIN Sunan Ampel memiliki Gedung Laboratorium Integrasi yang dapat menunjang kegiatan akademik program studi biologi. Terdapat Beberapa laboratorium yang bebasis keilmuaan biologi adalah laboratorium bologi dasar, laboratorium ekologi, laboratorium biokimia, laboratorium genetika dan laboratorium mikrobiologi. Terdapat pula laboratorium lain yang menunjang pendidikan bidang sains  secara umum seperti laboratorium kimia dasar dan laboratorium instrumen

  • Laboratorium Biologi Dasar

Laboratorium biologi dasar terdiri atas 2 ruang yaitu laboratorium biologi dasar A dan Laboratorium Biologi dasar B. Masing-masing laboratorium dilengkapi dengan sejumlah mikroskop binokuler yang menujang kegiatan praktikum histologi, biologi sel, strukur hewan dan tumbuhan

  • Laboratorium Ekologi

Laboratorium ekologi merupaakan salah satu laboratorium yang ditujukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian di bidang ekologi dan sistematika hewan maupun tumbuhan. Pada laboratorium ini dilengkapi dengan beberapa peralatan yang berguna dalam pengamatan di dalam labortatorium maupun di lapangan seperti: mikroskop binokuler, BOD meter, COD meter, kamera trap dan beberapa peralatan lainnya.

  • Laboratorium Genetika

Laboratorium ini dilengkapi dengan PCR, ELISA, water bath, elektroforesis, voretx mixer dan peralatan lain yang mendukung kegiatan di bidang bioogi molekuler maupun kultur jaringan. Guna menunjang kegiatannya, Laboratorium ini terbagi atas beberapa ruang, yaitu ruang laminary air flow, ruang bahan dan ruang praktik.

  • Laboratorium Biokimia

Laboratorium biokimia merupakan laboratorium yang ditujukan dalam melakukan praktikum dan penelitian di bidang fisiologi dan perkembangan hewan. Pada laboratorium ini tersedia. Incubator shaker, mikroskop binokuler, analytical electronic balance dan oven.

  • Laboratorium mikrobiologi

Laboratorium ini merupakan laboratorium yang digunakan untuk kegiatan paraktikum dan penelitian yang berbasis mikrobiologi. Terdapat colony counter, miskropskop binokuler, autoclave, laminary air flow, dan perlatan lain.