PROGRAM STUDI BIOLOGI

Review Kurikulum KKNI, Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar

review-kurikulum-12-maret

Seiring dengan penyelanggaraan kurikulum KKNI yang telah berlangsung sejak tahun 2016, maka UIN sunan Ampel surabaya dengan dimotori oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan (bidang I) dan LPM (lembaga penjamin mutu) melakukan kegiatan review terhadap kurikulum KKNI. Kegiatan review ini dilakukan secara bergilir  untuk masing-masing fakultas. Kegiatan review bagi fakultas sains dan teknologi dilaksanakan pada 12 Maret 2020 ini, melibatkan wakil dekan bidang I FST, ketua jurusan sains dan teknologi dan ketua program studi

Kegiatan review kurikulum KKNI Fakultas Sains dan Teknologi (FST) ini diawali dengan arahan dari Warek Bidang I, ibu Dra. Wahidah Zein Br. Siregar, M.A., Ph.D. Pada arahannya beliau mengingatkan ada Mata kuliah wajib  pada perguruan tinggi, sebagaimana tercantum dalam UU no. 20 Tahun 2003. Mata kuliah yang dimaksud adalah pendidikan agama,  pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa. Selain itu beliau menambahkan adanya pengharapan kegiatan pengembangan masyarakat, mengingat ciri UIN sunan ampel mengusung diri sebagai comuninity university. Selanjutnya kegiatan review dilakukan dengan pemaparan kurikulum dari masing-masing program studi yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi.. Berbagai masukan terkait perinci profil serta pendalaman model strategi belajar, menjadi salah satu pada kegiatan review kurikulum ini.

Kegiatan review ini, tentunya tidak berhenti pada telaah kurikulum semata, Warek bidang I mengungkapkan harapanya, melalui kegiatan ini terdapat gambaran yang dapat dilakukan untuk re-desaign kurikulum yang bisa memenuhi arahan kebijakan Merdeka Belajar yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di akhir tahun 2019 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *