PROGRAM STUDI BIOLOGI

KUNJUNGAN INDUSTRI PRODI BIOLOGI KE PT. INDOLAKTO – PANDAAN

indolakto

 

Selasa, 24 Desember 2019, Program studi Biologi melakukan kunjungan Industri ke PT. Indolakto, di Pandaan – Jawa Timur. PT. Indolakto merupakan pelopor produksi pengolahan susu segar secara modern, yang telah berdiri sejak 1967. Hingga saat ini di Indonesia terdapat 6 pabrik PT Indolakto, yaitu 2 pabrik yang berlokasi di Pasuruan (Pandaan, Purwosari), 2 pabrik di Sukabumi dan sisanya di Jakarta Timur. Kunjungan industri ini dilakukan dengan tujuan menambah wawasan mahasiswa terkait pemanfaatan biologi dalam industri, khususnya dalam pengolahan susu segar.

Kegiatan kunjungan industri ini diawali dengan pemaparan mengenai sejarah terbentuknya PT. Indolakto oleh dari Bpk. Irnando Prapto Kusomo  dari departemen Marketing Susu SCI. kemudian para peserta mendapatkan informasi terkait pengolahan susu segar menjadi berbagai produk, seperti susu UHT (ultra hight temperature) yaitu jenis susu steril yang diolah dengan suhu tinggi (135 – 1450C) dalam waktu yang sangat singkat (2-3 detik); adapula pengolahan susu cair, ice cream, yoghurt, susu kental manis hingga susu pasteurisasi. Selain proses pengolahan, dipaparkan pula proses pengolahan limbah hasil bilasan alat alat pengolahan susu segar yang mengandung limbah. Proses pengolahan limbah ini menggunakan metode wash water treatment dengan menggunakan bakteri aerob maupun anaerob. Setelah dilakukan proses pengolahan limbah, hasil pengolahan akan berupa air jernih yang akan disalurkan ke sungai yang berada di sekitar PT Indolakto. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada diskusi ini terlihat antusi para peserta dengan adanya pertanyaan dari mahasiswa proses pengolahan susu segar, perbedaan antar produ k susu segar serta bagaimana pengolahan limbah di PT Indolakto.

 

Menjelang akhir kunjungan, para peserta diajak melakukan tour pabrik, melihat beberapa unit produksi. Suasana kunjungan industri pun semakin marak dengan adanya kegiatan menikmati salah satu produk PT. Indolakto, yaitu susu cair. Foto bersama dengan Nurul Widiana selaku Ga staff dan pemandu kunjungan industri ini, menjadi penutup dari kegiatan kunjungan industri ini. Sebelum beranjak pulang Bpk. Saiku Rokhim, M.KKK selaku dosen pengampu mata kuliah Mikrobiologi Industri mengungkap terima kasih kepada PT.Indolakto,  sekaligus berharap kunjungan industri kali ini dapat menumbuhkan minat dan membuat mahasiswa Program Studi Biologi dapat memahami bidang pekerjaan di Industri yang berbasis keilmuaan biologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *