PROGRAM STUDI BIOLOGI

Rayakan Ulang Tahun ke-3, Kelompok Studi Kutrik Rilis Buku Serangga UINSA

Buku Serangga UINSA

 untitledRabu, 20 November 2019 bertempat di Ruang Sidang Rektorat diadakan rilis danbedah buku serangga UINSA, oleh Kelompok Studi Kutrik (KS Kutrik).Perilisan buku Serangga UINSA ini bertepatan dengan ulang tahun kutrik yang ke-3, dengan tajuk acara bernama “kepompong”.  Kepompong merupakan salah satu fase metamorforsis yang akan menetas menjadi sebuah kupu-kupu, sehingga fase kepompong ini akan mengajarkan bahwa setiap orang harus melewati proses hidup secara bertahap, dan menempuh berbagai ujian sebelum akhirnya mencapai hasil yang maksimal.

Acara kepompong, tidak hanya dihadiri oleh peserta KS kutrik semata, tetapi juga terdapat perwakilan dari kelompok studi lain yang ada di prodi Biologi. KS Kutrik sendiri merupakan kelompok studi mahasiswa biologi yang khusus menggeluti bidang entomologi, KS ini pertama kali berdiri pada 2016 lalu dengan digaungi oleh M. Muhibuddin Abdillah, S.Si. yang saat itu masih berstatus mahasiswa aktif prodi Biologi. Pada tahun 2018, bersama ketiga kawan lainnya, yaitu  Nur Rizatul Addiniyah, Najmatul Millah dan Zakki Mubarak, mereka menginisiasi kutrik dalam menyusun buku serangga UINSA.

Buku Serangga UINSA ini berisikan tentang gambaran diversitas serangga seperti Lediptotera dan Odonata yang dapat ditemui di lingkungan kampus UIN sunan Ampel Surabaya. Sebanyak lebih dari 20 spesies Lepidoptera maupun Odonata berhasil diindentifikasi dan dijelaskan habitat serta pola penyebarannya. Pada pemaparannya Muhibbuddin menjelaskan bahwa menjaga kupu-kupu dan capung merupakan bagian kecil dari konservasi kehidupan, karena melalui kupu-kupu kita dapat mengambil buah—buahan dan dengan adanya capung kita dapat terhindar dari serangga penganggu..“Saya berharap generasi Kutrik selanjutnya bisa mengeluarkan buku atau bisa jadi memperbaiki buku ini dengan tambahan spesies-spesies baru yang belum ada”, Ujar Muhibbuddin Abdillah. Hal serupa juga diungkapkan oleh Bpk. Saiful bahri, M.Si selaku pembina kelompok studi Kutrik. Beliau juga berharap, bedah buku ini, tidak hanya berakhir disini, tetapi akan berlanjut pada bedah buku lainnya, bahkan mampu memicu kelompok studi untuk menghasilkan karya lainnya di waktu yang akan datang. Acara kemudian diakhiri dengan kegiatan tukar kado diantara para peserta.
whatsapp-image-2019-11-20-at-22-23-26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *