PROGRAM STUDI BIOLOGI

PRAKTIK ANALISIS VEGETASI DI RANU BEDALI, LUMAJANG

Sabtu, 22 Juni 2019, mahasiswa Biologi angkatan 2018 melakukan kegiatan praktik lapangan mata kuliah ekologi di daerah Ranu Bedali, Lumajang. Ranu Bedali adalah salah satu dari rangkaian Segitiga Ranu di Lumajang, yang terletak di Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang. Ranu ini, terletak di ketinggian 700 mdpl dengan luas 25 hektar dan kedalaman sekitar 28 meter.

Kegiatan praktik yang dilakukan mahasiswa adalah observasi lingkungan di sepanjang bibir danau sebanyak 10 titik pengamatan. Mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok berdasarkan titik pengamatan tersebut dan melakukan analisis vegatasi dibawah pengawasan asisten laboran dan dosen pengampu. Mahasiswa melakukan analisis vegetasi menggunakan metode kuadrat dengan membuat plot bujur sangkar berukuran 10 m x 10 m.; 2,5m x 2,5m dan 1m x 1m sesuai dengan jenis tanaman yang diamati (pohon, semak dan herba). Mahasiswa juga menganalisis hasil observasi dengan menghitung nilai kerapatan, kerimbunan, dan frekuensi yang selanjutnya digunakan untuk menghitung indeks nilai penting (INP).

“Kegiatan praktikum lapangan ini diharapkan dapat mengasah keahlian mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu-ilmu ekologi yang telah mereka dapatkan di kelas…” imbuh Bapak Saiful Bahri, M.Si selaku dosen pengampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *