PROGRAM STUDI BIOLOGI

VARANUS : EKSPEDISI DI KAWASAN TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU (TNBTS)

varanus

varanusKelompok studi Varanus merupakan salah satu kelompok studi di Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya yang mewadahi mahasiswa dalam ilmu bidang Herpetofauna, yang meliputi kelompok Amfibi dan Reptilia. Pada bulan FebruariĀ  2019 KS Varanus dengan KS Kutrik melakukan kegiatan bersama yaitu Ekspedisi Lembah Mahameru. Kegiatan ini bertujuan untuk menginventarisasikan keanekaragaman Herpetofauna yang ada dibeberapa titik di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Penelitian dilaksanakan di empat titik pada yaitu Ranu Darungan, Blok Ireng-Ireng, Ranu Pani, dan Ranu Regulo. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada kawasan Ranu Darungan ditemukan 11 spesies dari 8 famili yang berbeda,yakni famili Bufonidae, Ranidae, Mycrohylidae dll. dengan spesies Duttaphrynus melanostictus, Polypedates leucomystax dll.

Pada kawasan Ranu Pani dan Ranu Regulo hanya ditemukan 1 Famili dengan 2 spesies yang berbeda yaitu dari Famili Agamidae dengan spesies Elapoidis . Sedangkan pada kawasan Blok Ireng-Ireng ditemukan 7 spesies dari 4 Famili yang berbeda. Famili Rhacophoridae, Ranidae, Agamidae , dan Colubridae dengan spesies diantaranya Rhacophorus reinwardtii, Polypedates leucomystax. Broncochela jubata dll.

Herping dilakukan pada waktu malah hari, karena kelompok Herpetofauna umumnya mudah dijumpai pada malam hari dengan kondisi suhu udara yang rendah dan tingkat kelembaban udara yang tinggi. Kelompok Herpetofauna memiliki peran penting dalam ekosistem, seperti predator hama dan serangga yang merugikan manusia, sebagai bioindikator lingkungan. Karena sebagian besar kelompok Herpetofauna memiliki peran sebagai predator dalam rantai makanan di suatu ekosistem (zm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *